Profile

Alhamdulillah, website ini dapat hadir dari para sahabat pecinta masjid dan para pihak yang memiliki karya baik tulisan, foto, dan video yang menghiasi isi dan tampilan web ini. Selanjutnya website ini, akan kita kembangkan bersama sebagai fasilitas pembelajaran Tata Kelola Masjid yang Baik. Nama web memakmurkan.masjid.com ini terinspirasi dari firman Allah Subhanahuwata’ala dalam (Surah At Taubah Ayat 18) yang terjemahannya sebagai berikut:

“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Allah Subhanahuwata’ala sebagai pemilik seluruh alam semesta yang memiliki sifat maha mengatur, mengurus, dan memelihara seluruhnya. Allah juga yang maha kuasa atas segala sesuatu dan kepada Allah Subahanahuwata’ala juga segala urusan dikembalikan. Dengan rangkaian kalimat ini menunjukan kepada manusia bahwa Allah  Subhanahuwata’ala sebaik-baik pengelola alam semesta. Hal ini sekaligus mengajarkan kepada manusia tentang ilmu tata Kelola (manajemen), karena asal muasal penciptaan manusia yang diberi dan menerima amanah sebagai khalifah (penguasa) di bumi, sebagaimana firman Nya dalam (Surah Al-Baqarah Ayat 30) yang terjemahannya sebagai berikut:

Dan (ingatlah) Ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat “ Aku hendak menjadikan khalifah di bumi”. Mereka berkata “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji -Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman “Sungguh, Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Ilmu manajemen banyak dikembangkan para ilmuwan universitas terkemuka terutama benua Amerika dan Eropa. Penerapannya berkembang pesat terutama di lingkungan sektor swasta (private sector) dan diikuti sektor publik (public sector). Namun demikian, di sektor organisasi nir laba atau Non Government (NGO) penerapannya masih tertinggal dan sangat terbatas.

Beberapa dekade terakhir ini, ada kegairahan atau gerakan kaum muslimin untuk memakmurkan masjid di berbagai wilayah di tanah air. Hal ini memunculkan beberapa profil masjid yang menjadi percontohan dan viral di media sosial misalnya Masjid Jogokaryan di Yogjakarta, Masjid Akbar di Surabaya, Masjid Al-Ikhlas Pasar Minggu Jakarta Selatan, Masjid Kapal Munzalan Pontianak, Masjid Raya Sragen, Masjid Modern Kurir Langit di Barru Sulawesi Selatan, Masjid Berkah Box di Kota Balikpapan, beberapa masjid kampus dan masjid-masjid percontohan lainnya baik yang sudah maupun belum diberitakan di media sosial.

Beberapa buku, skripsi, tesis dan tugas-tugas mahasiswa, dan artikel tentang manajemen baik yang bersifat umum, maupun manajemen tematik seperti manajemen strategis, manajemen risiko, manajemen keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya insani ikut menambah khasanah referensi manajemen dari perspektif Al-Quran dan Hadist.

Pelatihan, seminar, lokakarya, dan berbagai acara dengan bertema manajemen masjid sebelum pandemic covid-19 sering diselenggarakan, bahkan di masa pandemi covid19 juga tetap diselenggarakan secara daring dengan peserta pengurus masjid dalam jumlah yang cukup banyak berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kita meyakini bahwa Allah Subhanahuwata’ala mengutus di setiap masa para nabi dan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wassalam sebagai nabi terakhir yang telah mengajarkan dan mencontohkan  kepada manusia menjalankan amanah sebagai khalifah di muka bumi.  Kita juga meyakini bahwa ajaran dan contoh sudah lengkap dan sempurna sebagaimana firman nya, pada (Surah Al Maidah Ayat 3)

“………….Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu……..”

Melihat kondisi di atas dan dorongan untuk ikut berpartisipasi serta mencoba mengamalkan “……….berlomba-lomba Fastabiqul Khairat  melakukan kebajikan…….” sebagaimana firman Allah Subhanahuwata’ala dalam (Surah Al Maidah Ayat 48).  Web ini hadir untuk melengkapi dan memperkuat upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah, alim ulama, ustadz dan organisasi-organisasi kemasjidan seperti Dewan Masjid Indonesia (DMI), pengurus/takmir masjid di tanah air, serta para pemangku kepentingan lainnya yang telah mendukung upaya-upaya  memakmurkan masjid.

Kehadiran website ini semoga dapat memfasilitasi pembelajaran Tata Kelola Masjid yang Baik yang didasarkan Al-Quran dan Hadist, peraturan perundang-undangan yang berlaku, pedoman standar, artikel dan buku, serta dukungan best practices - tutorial dan format aplikasi yang dikemas secara tematik sesuai kebutuhan dan dapat lebih memudahkan implementasi.

Visi

“Menjadi media dan fasilitator yang handal di bidang pembelajaran tata kelola masjid yang baik”.  

 

Misi

  1. Menyediakan referensi pembelajaran tata kelola masjid.
  2. Menyelenggarakan pelatihan manajemen masjid.
  3. Menyelenggarakan konsultasi manajemen masjid.
  4. Menyelenggarakan penelitian tentang tata kelola masjid.

 

Personel

Gambar1aa

Singgih Budihartono

Foto Suhartanto - utk di tambahkan di Bagian Personil

Suhartanto

Alhamdulillah, website ini dapat hadir atas jasa para kontributor awal dari berbagai kalangan baik berupa tulisan di buku, artikel, foto maupun video yang kami kumpulkan dan kelompokan baik yang bersifat umum maupun khusus sesuai dengan tema. Apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih atas karya dan kontribusinya. Semoga menjadi amal shaleh dan bermanfaat yang pahalanya mengalir secara terus menerus.